Selasa, 09 Juni 2015

BISNIS ONLINE

Menjadi mahasiswa sekaligus berbisnis tidaklah mudah, membutuhkan pengorbanan yang besar serta semangat yang luar biasa. Namun itu semua menjadi nilai plus bagi mereka yang berhasil menjalankannya. Kreativitas dan pengetahuan menjadi modal utama untuk meraihnya. Harus pandai membagi waktu antara kuliah dan BISNIS, jika tidak akan berantakan semua, keduanya harus berjalan seimbang. 


Kesempatan untuk menjadi seorang pengusaha dapat dilakukan oleh siapa pun, termasuk kalangan mahasiswa yang memiliki modal cukup terbatas. Modal kecil belum tentu untung juga kecil, yang penting optimis bisa. Ingatlah prinsip wirausahawan yaitu gunakan modal sekecil-kecilnya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Jadi, jangan khawatir, masih banyak usaha yang bisa ditekuni sebagai mahasiswa tanpa harus mengeluarkan modal besar. Modal pas-pasan bukan menjadi kendala untuk memasarkan peluang bisnis.  Persaingan yang semakin ketat dapat diatasi dengan kreativitas dan terus melakukan inovasi produk, serta harus pandai mengatur STRATEGI BISNIS

Sebagai seorang mahasiswa, gunakan lah ilmu yang didapat selama kuliah. Misalnya saja, sebagai mahasiswa jurusan komunikasi. Kita biasa membuka jasa pembuatan website, jasa SEO, desain grafis, pembuatan program komputer, fotografi, dan lain-lain. Usaha dibidang ini tidak membutuhkan modal yang besar, kita cukup mengandalkan keterampilan dan keahlian, tentunya tidak lepas dari kreativitas. Kita tinggal menyesuaikan dengan apa yang kita miliki dan keahlian apa yang dapat kita kuasai dengan baik.


BISNIS ONLINE

Seluruh jenis bisnis online bisa dikategorikan bisnis rumahan, atau bisnis yang dikendalikan dari rumah. Buat para pemula, bisnis online yang gampang ditekuni tentu yang tidak perlu modal besar serta keahlian tinggi. Jadi kita bisa mengawali dengan “numpang” di bisnis online orang lain. Berikut beberapa contohnya :

Bisnis Dropship : Arti mudahnya makelar produk orang lain. Jadi kita menjual lagi produk orang lain (di internet) dengan keuntungan selisih harga yang sudah kita mark up. Enaknya tidak perlu menyetok barang, karena si pemilik produk memang biasanya menyediakan program dropship. Arus bisnisnya adalah  seperti gambar di bawah ini : Situs besar macam amazon dan ebay juga menyediakan sistem dropship. Di Indonesia banyak juga toko online yang menyediakan sistem dropship. Kita untuk menjalani bisnsi ini tidak perlu harus punya toko online. Bisa dilakukan hanya sekedar lewat facebook atau BBM.

Bisnis Afiliate Marketing. Ini hampir sama dengan bisnis dropshipping. Bedanya anda dapat uang dalam bentuk KOMISI, karena sukses membantu menjualkan. (Kita tidak me-mark up harga, karena si pembeli bertransaksi langsung dengan merchan/vendor). 

Seiring kemajuan teknologi, mempermudah kita dalam pemasaran atau promosi produk yang kita tawarkan. Tingginya tingkat penggunaan internet di kalangan mahasiswa, bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan produk-produk yang kiat pasarkan. Untuk menjangkau konsumen di lingkup terdekat kita, bisa dimulai dengan cara mempromosikannya melalui akun jejaring pertemanan yang kita gunakan. Sebut saja seperti sekarang ini jejaring social yang eksis di kalangan mahasiswa antara lain facebook, twitter, blackberry messenger, whats up, we chat, line, kakao talk, instagram, pinterest, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk menjangkau pangsa pasar umum, kiat bisa memulainya dengan mempromosikan produk-produk kita melalui market place seperti misalnya bisnisukm.com, kaskus, tokobagus, berniaga, tokopedia, indonetwork, dinomarket, dan lain sebagainya.


Wajib membuka mata dan telinga lebar-lebar agar lebih jeli untuk mengetahui peluang apa saja yang dapat diambil dan diprioritaskan. Semakin sering membuka mata dan telinga, maka semakin besar pula peluang kita untuk mendapatkan ide BISNIS yang brilian dan menjanjikan. Banyak belajar dari berbagai referensi baik buku, pengalaman sendiri dan orang lain, akan menunjang kita untuk mencapai kesuksesan. Jangan pernah takut gagal, ingat kegagalan merupakan awal kesuksesan.



Sumber :

http://www.bisnis.com/

http://bisnisukm.com/

http://usahapeluang.org/serba-serbi-peluang-usaha-sampingan-mahasiswa/

https://www.maxmanroe.com/4-contoh-usaha-kecil-potensial-yang-ada-di-sekitar-kita.html

http://peluangusaha.anekatips.com/

http://www.ubisnis.com/

http://smartbisnis.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar