Selasa, 26 Mei 2015

Business Plan Usaha Es Krim Talas

Meski telah booming sejak beberapa tahun yang lalu, citarasa produk es krim masih tetap
diminati banyak penggemar. Sensasi dingin dan manisnya rasa es krim yang ditawarkan,
menjadikan pelanggan dari berbagai kalangan masih terus berdatangan. Tidaklah heran bila
sampai detik ini para pemain di bisnis es krim masih terus bermunculan dan gencar
menciptakan inovasi baru untuk memenangkan persaingan pasar. Salah satunya saja seperti
bisnis es krim talas, yang tak hanya menawarkan citarasa lezat namun juga memberikan
sajian kuliner sehat bagi para penikmatnya.
Tingginya kandungan protein, karbohidrat, lemak, kalsium, dan vitamin pada umbi talas,
menjadikan tanaman yang bernama latin Colocasia Esculenta ini sering diolah masyarakat
menjadi beragam jenis menu makanan. Tak terkecuali produk es krim talas yang sekarang ini
mulai disukai kalangan anak-anak hingga orang dewasa sebagai pilihan menu dessert yang
bercitarasa lezat dan bertekstur lembut.

Konsumen
Bisa dikatakan es krim merupakan salah satu sajian kuliner yang digemari hampir setiap
orang. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, rata-rata menggemari es
krim karena kudapan dingin ini memiliki bentuk serta varian rasa yang sangat beragam.
Contohnya saja seperti keunikan es krim rasa talas yang memiliki tampilan berwarna ungu
dan sensasi rasa yang terbilang baru.

Info Bisnis
Maraknya persaingan pasar di bisnis es krim, mau tidak mau mendorong para pelaku usaha
untuk bisa menciptakan sebuah inovasi baru. Jika sebelumnya kita cukup familiar dengan es
krim rasa coklat, vanila, dan varian rasa buah-buahan, sekarang ini masyarakat mulai
mengolah umbi-umbian seperti talas, dan ubi ungu untuk diolah menjadi es krim. Keunikan
inilah yang kemudian memancing rasa penasaran para konsumen, sehingga peluang bisnis es
krim talas labanya semanis rasanya.

Nah, bagi Anda para pemula yang ingin terjun menekuni bisnis es krim talas, berikut ini kami
informasikan beberapa poin penting yang perlu Anda persiapkan dari sekarang.

1. Lakukan eksperimen untuk mendapatkan takaran resep es krim talas yang rasanya
pas. Untuk itu, Anda bisa menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam
meramu es krim talas dari buku resep, internet, atau mengikuti pelat ihan bisnis es
krim.
2. Persiapkan alat dan bahan. Untuk memproduksi es krim talas, sebenarnya tidak
dibutuhkan mesin yang terlalu mahal. Anda bisa menggunakan alat atau perabot yang
ada di dapur rumah Anda.
3. Tentukan konsep bisnis yang akan Anda gunakan. Mengingat persaingan pasar di
bisnis es krim cukup ketat, Anda harus jeli dalam melihat peluang pasar dan
merencanakan konsep bisnis dengan matang agar tak kalah bersaing dengan pemain
lainnya.
4. Gunakan pendingin dengan suhu minimum -7°C untuk menjaga es krim agar tidak
cepat cair. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan freezer berdiri atau box stereofoam
ditutupi tas dan diberi dry ice yang sering kita sebut biang es atau bisa juga
menggunakan ice pack seperti yang digunakan pedagang es krim keliling.
Resep Es Krim Talas
Bahan-bahan :
 250 gram talas kukus, haluskan
 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
 100 gram gula pasir
 25 gram tepung maizena
 1/2 sendok teh garam
 3 lembar gelatin rendam, peras, tim sampai larut
 150 gram krim bubuk
 300 ml air es
 1/4 sendok teh esens pasta
 5 tetes pewarna merah muda

Cara Pengolahan :

1. Kocok krim bubuk, air es, esens pasta, dan pewarna merah muda sampai setengah
mengembang. Dinginkan dalam lemari es.
2. Blender talas dan santan sampai lembut. Masukkan gula pasir, tepung maizena, dan
garam. Masak sambil diaduk sampai mendidih dan kental.
3. Tambahkan larutan gelatin. Aduk rata. Biarkan hangat.
4. Masukkan sedikit – sedikit ke kocokan krim sambil dikocok perlahan. Bekukan dalam
freezer.
5. Dan sejutar 900 gram es krim talas pun siap untuk dipasarkan.
Kelebihan Bisnis
Seperti halnya bisnis makanan atau minuman pada umumnya, peluang bisnis es krim
menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Apalagi Negara Indonesia merupakan salah satu
negara tropis yang memiliki suhu udara cukup panas, sehingga tidak heran bila sebagian
besar masyarakat lebih menyukai menu minuman dingin seperti es krim.
Disamping iklim Indonesia yang cukup mendukung, bisnis es krim merupakan salah satu
peluang usaha yang tidak mati dimakan zaman. Varian rasanya yang semakin beragam
sekarang ini tidak hanya digemari anak-anak namun juga mulai dicari konsumen dari
kalangan orang dewasa. Hal ini menunjukan bahwa produk es krim sudah dikenal luas oleh
masyarakat sehingga peluang bisnisnya pun sampai saat ini masih sangat terbuka lebar.

Kekurangan Bisnis
Dalam menjalankan bisnis es krim talas, kendala usaha yang sering ditemukan para pelaku
usaha adalah mencairnya es krim karena suhu ruangan yang dirasa kurang dingin. Untuk
menyiasati kendala tersebut, Anda bisa memanfaatkan freezer untuk mengawetkan produk es
krim, atau bila dalam kondisi darurat (pada saat mati listri) bisa menggunakan box
stereofoam ditutupi tas dan diberi dry ice (biang es) untuk mengawetkan es krim dalam waktu
beberapa saat

Strategi Pemasaran
Mengingat persaingan pasar di bisnis es krim sudah sangat ketat, Anda harus pintar-pintar
menggunakan keunikan produk es krim talas untuk memancing rasa penasaran para
konsumen. Tambahan umbi talas yang terdapat pada produk es krim, memberikan nilai
tambah yang cukup potensial pada bisnis Anda, sehingga tidak menutup kemungkinan bila
usaha es krim talas yang Anda jalankan mampu bersaing dengan produk serupa di pasaran.
Untuk mengoptimalkan strategi promosi yang Anda jalankan, selanjutnya Anda bisa
memasang baner atau spanduk di depan kedai es krim talas agar konsumen yang melewati
lokasi tersebut mengetahui keberadaan bisnis es krim talas yang Anda rintis.
Selain itu, Anda juga bisa memperkenalkan produk es krim talas ke kalangan masyarakat luas
dengan memanfaatkan peran internet. Buatlah lapak toko online dengan memanfaatkan situs
website, blog, atau situs sosial media seperti misalnya facebook, twitter, pinterest, youtube,
dan lain sebagainya untuk mempromosikan produk es krim talas ke pasar nasional maupun
internasional. Semakin aktif Anda berpromosi di ranah maya, maka semakin besar pula
peluang Anda untuk menjaring calon konsumen sebanyak-banyaknya.

Kunci Sukses
desain kemasan es krimKunci keberhasilan yang perlu Anda pegang yaitu berani berinovasi
dan terus konsisten dalam menjalankan usaha es krim talas. Mengingat es krim talas masih
terbilang unik di mata para konsumen, maka Anda perlu berinovasi dan bereksperimen untuk
menciptakan produk es krim yang citarasanya lezat, dan tampilannya tak kalah menarik
dengan produk es krim lainnya. Dengan begitu, calon konsumen yang datang ke kedai es
krim Anda tidak kecewa dengan inovasi produk yang Anda tawarkan dan mulai loyal dengan
bisnis yang Anda jalankan.
 


Produksi es krim talas skala rumah tangga
Target penjualan 150 cup/ hari
Analisa Ekonomi
Sewa tempat di depan supermarket                                                    Rp 300.000,00/ bulan

Modal awal
Loyang Rp 25.000,00 x10 unit                                                           Rp   250.000,00 
Freezer berdiri                                                                                    Rp 1.500.000,00 
Hand mixer                                                                                         Rp   150.000,00 
Timbangan dapur dan gelas takar                                                      Rp   100.000,00 
Panci, baskom, spatula, saringan, dll                                                Rp   200.000,00 
Kompor gas 1 tungku dan gas elpiji 3 kg                                          Rp   175.000,00 
Sterofom Box es krim                                                                        Rp    50.000,00    + 
Total modal                                                                                        Rp 2.425.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah digunakan 3 tahun :
1/36 bulan x Rp 2.425.000,00 =                                                       Rp 67.400,00/ bln

Biaya Operasional
Bahan es krim talas : @ Rp 200.000,00/ hari x 25 hari                   Rp 5.000.000,00
Pembelian Cup, sendok, tutup, stik, dan kemasan plastic                Rp   500.000,00
Blue Ice Pack                                                                                    Rp 1.750.000,00
Gas elpiji 3 kg x @ Rp 15.000,00                                                    Rp    30.000,00
Banner                                                                                              Rp   100.000,00
Gaji karyawan 1 orang                                                                     Rp   900.000,00
Biaya listrik dan telepon                                                                  Rp   500.000,00
Biaya transportasi                                                                            Rp   700.000,00
Biaya Sewa Tempat                                                                         Rp   300.000,00 + 
Biaya operasional per bulan                                                            Rp 9.780.000,00

Omzet Per Bulan
Harga jual es krim per cup rata-rata                                               Rp 3.000,00
Omzet per bulan : Rp 3.000,00 x 150 cup x 25 hari                      Rp 11.250.000,00

Laba Bersih Per Bulan
Rp 11.250.000,00 – Rp  9.780.000,00 =                                       Rp 1.470.000,00

ROI (Return of Investment)
Modal awal : laba bersih per bulan =  1,7 bulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar